Selasa, 14 Oktober 2008

Tentang CSS

CSS Cascading Style Sheet, merupakan kode untuk mengatur tampilan halaman. Untuk mengatur jenis huruf, warna, ketebalan, bisa langusng menggunakan TAG HTML, namun dalam perkembangannya menjadi rumit kalau menyangkut desain yang banyak, kalau mau mengedit, maka tiap halaman harus di edit satu-satu.

Dengan CSS kita tinggal masuk ke script CSS nya lalu mengganti bagian mana yang akan diganti. Karena dalam CSS semua sudah dikelompokkan dalam ID atau Class tertentu, maka menjadi mudah manajemen halamnnnya.

CSS ada yang merupakan file terpisah, CSS external, yang kemudian di link ke halaman HTML. Satu file CSS bisa dipakai untuk banyak halaman dengan style sama. Pemisahan halaman HTML dengan CSS akan memudahkan dalam pengeditan. Namun hal ini membutuhkan hosting untuk menyimpan file. Keuntungan lainnya, dengan memisahkan file css, tak mudah ditiru orang hanya dengan melihat source codenya. Untuk untuk membuat CSS external, buatlah file dengan extensi *.css.

Untuk mempermudah dalam membuat CSS , maka dapat kita dapat menggunakan salah satu software aplikasi simple CSS untuk mendapatkan software tersebut dapat download secara gratis. di alamat http://www.hostm.com/downloads/simplecss/SimpleCSS.zip dengan menggunakan SimpleCSS akan jauh lebih mudah untuk membuat CSS.

0 komentar: